Soal - soal Komunikasi Bisnis

Komunikasi Bisnis



1. Dalam komunikasi terdapat unsur - unsur yang dikenal dengan 5 W + 1 H,  dari setiap unsur manakah yang bukan dari unsur komunikasi...

a. Communicator ( Who ) 
b. Pesan (Say What)
c. Media (In Which Channel)
d. Orang ( People )

2. Ada 4 macam perubahan dari tujuan komunikasi sendiri, yaitu, kecuali...
a. Perubahan sikap (attitude change)
b. Perubahan pendapat (opinion change)
c. Perubahan perilaku (behaviour change)
d. Perubahan Tubuh  ( Body Change) 

3. Macam - macam teknik dalam komunikasi bisnis, yang tidak termasuk teknik komunikasi binis adalah...
a. Komunikasi informatif 
b. Komunikasi Campuran
c. Komunikasi instruktif/ koersif ]
d. Hubungan manusiawi 

4.Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, yaitu,...
a. Komunikasi Tubuh dan Komunikasi Pikiran
b. Komunikasi Tangan dan Komunikasi Sosial Media
c. Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non-Verbal
d. Komunikasi Verbal dan Komunikasi Batin

5.Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara personal maupun professional paling tidak kita harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi, yaitu Kecuali ....
a. Melihat
b. membaca,
c. berbicara;
d. mendengar


6. Compeleteness adalah salah satu nilai pesan dalam komunikasi bisnis. namun, pengertian dari completness adalah...
a. Suatu pesan dikatakan concise bila dapat mengutarakan gagasannya dalam jumlah kata sekecil mungkin (singkat, padat tetapi jelas) tanpa mengurangi makna, namun tetap menonjolkan gagasannya.
b. Suatu pesan atau informasi dapat dikatakan lengkap, bila berisi semua materi yang diperlukan agar penerima pesan dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan harapan pengirim pesan.
c. Penyampaian pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang gambalang, pasti dan jelas.
d. Pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah diinterpretasikan serta memilik makna yang jelas.

7.Conciseness adalah salah satu nilai pesan dalam komunikasi bisnis. namun, pengertian dari conciseness adalah...
a. Suatu pesan dikatakan concise bila dapat mengutarakan gagasannya dalam jumlah kata sekecil mungkin (singkat, padat tetapi jelas) tanpa mengurangi makna, namun tetap menonjolkan gagasannya.
b. Penyampaian pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang gambalang, pasti dan jelas.
c.  Pesan hendaknya dibuat dengan teliti, dan menggunakan tata bahasa, tanda baca dan ejaan dengan benar (formal atau resmi)
d. Pesan disampaikan dengan gaya bahasa dan nada yang sopan, akan memupuk hubungan baik dalam komunikasi bisnis

8.Correctness adalah salah satu nilai pesan dalam komunikasi bisnis. namun, pengertian dari correctness adalah...
a. Pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah diinterpretasikan serta memilik makna yang jelas.
b.Pesan hendaknya dibuat dengan teliti, dan menggunakan tata bahasa, tanda baca dan ejaan dengan benar (formal atau resmi)
c.Suatu pesan atau informasi dapat dikatakan lengkap, bila berisi semua materi yang diperlukan agar penerima pesan dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan harapan pengirim pesan
d.Suatu pesan dikatakan concise bila dapat mengutarakan gagasannya dalam jumlah kata sekecil mungkin (singkat, padat tetapi jelas) tanpa mengurangi makna, namun tetap menonjolkan gagasannya.

9.Keberhasilan komunikasi bisnis juga sangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalam komunikasi bisnis. Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal, yaitu...
a. Persepsi
b. Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
c. Kredibilitas
d. Perbedaan

10.Seorang komunikan harus memiliki 3 kemampuan (skill), yaitu ...
a. Empati,
b. Pembicara yang sederajat,
c. Proyeksi atau menciptakan dampak.
d. Benar Semua

11.Dengan demikian apabila komunikasi bisnis berjalan  secara efektif di suatu perusahaan akan dapat menghasilkan beberapa hal  sebagai berikut, Kecuali...
a. Mempercepat Penyelesaian Masalah
b. Memperkuat Pengambilan Keputusan.
c. Merugikan Komunikator
d. Meningkatkan Profesionalisme.

12.Komunikasi bisnis berbasis internet, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu...
a. Menggunakan e-mail
b. Melalui video konferensi
c. Telepon berbasis internet
d. Semua Benar

13.Studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi adalah pengertian dari Hambatan...
a. Hambatan Sematik
b. Hambatan  Manusiawi
c. Hambatan Teknis
d. Hambatan Luar
 
14.Persentase penggunaan saluran komunikasi adalah sebagai berikut :
- Menulis (writing): 9%
- Mendengarkan (listening): 45%
- Membaca (reading) : 16%
- Berbicara (speaking) : 30%

Dari data diatas saluran komunikasi berbicara dan mendengarkan yang paling berpengaruh, maka dari itu pilhlah contoh yang benar dari saluran tersebut...
a. Dina mengembangkan bisnisnya setelah melihat di koran usaha yang bisa ditekuni
b. Dina mendengar dan berbicara tentang usahanya pada temannya di kota jakarta
c. semua benar
d. semua salah

15.Komunikasi bisnis  adalah, kecuali...
a. Proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
b. Proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
c Komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
d. Semua jawaban Salah







Komentar